Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Ini Pesan Kapolsek Saat Apel Pagi |  Paman Becak Juga Perlu Mendapat Sosialisasi Larangan Melakukan Pungli |  Pelayanan Poros Pagi Kepada Warga Masyarakat |  Merupakan awal pengabdian |  Bripka Kusnin, S.AP, Gencar Sosialisasi Larangan Pembukaan Lahan Dengan Cara Membakar |  Mendadak Polantas Ini Diserbu Anak-anak Yang Berebut Tanda Tangan |  Mengejutkan Guru TK. Nurul Hidayah Sangat Senang Sekolahnya Dikunjungi Polisi |  Polantas ini Dibanjari 300 Pelajar MIN Gambut Dengan Sangat Antusias |  Bripka Dede Polsek Matraman Sosialisasi Tentang Bahaya Merkuri |  Jalin Kebersamaan,Ini Yang di Lakukan Kapolsek Matraman Bersama Anggotanya |  Kanit IK Bripka M. Rifan Polsek Pengaron Pimpin Giat Patroli Cipta Kondisi |  Jalin Kebersamaan,Kapolsek Matraman Ajak Anggotanya Makan Bersama | 
MARTAPURA,KALSEL – Personil gabungan Polres Banjar dengan mengendarai tiga buah mobil terlihat mendatangi UPT. Gudang Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar, Jumat (22/7) pagi. Mereka langsung memasuki ruangan pergudangan salah satu farmasi yang beralamat di jalan HM. Cokrokusumo Gang Kasturi Kota Banjarbaru itu.
Tim gabungan yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Banjar AKP Budi Prasetyo,SH.,S.Ik dan Kasat Narkoba Polres Banjar AKP Aris Munandar,SH.,MA bertujuan untuk melakukan giat terhadap antisipasi penyebaran vaksin palsu di wilayah hukum Mapolres Banjar.
Setiap botol vaksin yang berada di gudang penyimpanan Farmasi Kabupaten Banjar tersebut dilakukan pengecekan secara teliti oleh petugas yang pada saat itu juga didampingi oleh Kepala UPT. Instalasi Farmasi Kab. Banjar Arief Rachman,S.Si.,Apt.,M.Kes beserta stafnya.
Kasat Narkoba Polres Banjar, AKP Aris Munandar,SH.,MA yang turut melakukan pengecekkan pagi itu mengatakan pihaknya tak menemukan vaksin palsu. Vaksin yang tersedia di Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar juga merupakan vaksin yang berasal dari satu produsen atau farmasi BUMN.
” Benar mas. Dalam kegiatan ini kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Banjar. Dan Alhamdulillah vaksin palsu tidak kami temukan,” terang Pak Aris.
Tak hanya sampai di situ, Aris beserta jajaran gabungan Satuan Intel, Narkoba dan Reskrim juga melakukan pemeriksaan terhadap tanggal kadaluwarsa beserta standarisasi penyimpanan vaksin.
” Alhasil, hal itu sudah dilakukan dengan benar oleh pihak Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar. Begitupula vaksin kadaluarsa, pada giat ini kami tak menemukannya, ” lanjut Pak Aris.
Sementara Kasatreskrim Polres Banjar, AKP Budi Prasetyo,SH.,S.Ik menambahkan kendati pihaknya sudah melakukan pengecekkan terhadap beberapa sampel vaksin. Namun guna mengetahui perbedaan vaksin asli dan palsu rupanya tak semudah melihat mata memandang. Melainkan hal itu mesti dilakukan uji laboratorium dengan memeriksa kandungan sampel vaksin.
” Namun masyarakat Kabupaten Banjar tak perlu kawatir, pasalnya vaksin yang tersedia di Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar tak ditemukan indikasi vaksin palsu. Terlebih vaksin tersebut juga merupakan produksi satu produsen di bawah BUMN langsung, PT Bio Farma, ” terangnya.
Disinggung mengenai giat serupa ke distributor farmasi swasta lainnya di wilkum Polres Banjar, Pak Budi mengaku tak menutup kemungkinan akan dilakukan oleh kesatuannya.
”  Ya tentu bisa saja. Namun menunggu arahan dari Polda dulu nantinya. Yang jelas saat ini Kabupaten Banjar masih belum ada ditemukan vaksin palsu, ” jelas Pak Budi.

Kategori: Umum

Berikan komentar