Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Ini Pesan Kapolsek Saat Apel Pagi |  Paman Becak Juga Perlu Mendapat Sosialisasi Larangan Melakukan Pungli |  Pelayanan Poros Pagi Kepada Warga Masyarakat |  Merupakan awal pengabdian |  Bripka Kusnin, S.AP, Gencar Sosialisasi Larangan Pembukaan Lahan Dengan Cara Membakar |  Mendadak Polantas Ini Diserbu Anak-anak Yang Berebut Tanda Tangan |  Mengejutkan Guru TK. Nurul Hidayah Sangat Senang Sekolahnya Dikunjungi Polisi |  Polantas ini Dibanjari 300 Pelajar MIN Gambut Dengan Sangat Antusias |  Bripka Dede Polsek Matraman Sosialisasi Tentang Bahaya Merkuri |  Jalin Kebersamaan,Ini Yang di Lakukan Kapolsek Matraman Bersama Anggotanya |  Kanit IK Bripka M. Rifan Polsek Pengaron Pimpin Giat Patroli Cipta Kondisi |  Jalin Kebersamaan,Kapolsek Matraman Ajak Anggotanya Makan Bersama | 

banjar.kalsel.polri.go.id – Polsek Simpang Empat berhasil mengagalkan percobaan penipuan melalui telepon, Jumat (11/08/2017).

Kisah bermula ketika pada pukul 11.30 wita seorang laki laki dengan wajah sedih dan cemas mendatangi anggota Polsek Simpang Empat yang saat itu sedang melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di depan Masjid At-Taqwa Desa Simpang Empat. Laki-laki yang belakangan diketahui bernama Bambang (60 th), yang beralamatkan di Desa Empat, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar itupun menceritakan apa yang sedang dialaminya kepada Kanit Lantas Polsek Simpang Empat IPDA H. Tatak.

“Saya mendapat telpon dari seseorang yang mengaku Polisi, mengabarkan bahwa ponakan saya bernama Fatimah mengalami kecelakaan dan sedang dirawat di rumah sakit perlu biaya untuk dilakukan operasi,” ucap pria yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga sekolah di SMK Negeri 1 Kec. Simpang Empat.

Mendengar keterangan dari yang bersangkutan, IPDA H. Tatak langsung membantah hal tersebut dan menyatakan bahwa ini adalah salah satu modus penipuan via telepon.

Dijelaskan bahwa sampai saat ini tidak ada kecelakaan lalu lintas yang terjadi diwilayah Kecamatan Simpang Empat.

“Saya adalah Kanit Lantas disini, apabila ada kecelakaan sayalah orang pertama yang akan mengetahui kejadian tersebut,” ucap H. Tatak.

Selanjutnya Kanit lantas dan anggota lainya menyarankan agar Bambang menghubungi saudari Fatimah yang masih duduk dibangku sekolah menengah kejuruan itu untuk mengetahui keberadaan dan kondisinya.

“Coba Bapak tenang dulu jangan panik, karena saat ini sering¬†terjadi modus penipuan melalui telepon mengaku-ngaku sebagai Polisi yang memberitahukan bahwa ada anggota keluarga yang mengalami kecelakaan selanjutnya pelaku meminta kepada keluarga korban untuk mentranfer sejumlah uang dengan alasan biaya berobat atau operasi,” sahut salah satu anggota yang ada disana.

Ternyata setelah berhasil dihubungi, Fatimah sudah berada di rumahnya sendiri dalam keadaan sehat walafiat tidak terjadi apapun terhadap dirinya. Mengetahui kabar Fatimah dan mendapatkan penjelasan dari Polisi, Bambang merasa tenang dan lega.

“Terima kasih banyak Pak, saya merasa tenang dan untungnya saya belum melakukan transfer sejumlah uang kepada pelaku,” ucap Bambang lega.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Simpang Empat AKP Wahyu Ismoyo Jayawardana, S.I.K menghimbau kepada warga masyarakat apabila mendapatkan telepon dari orang yang tidak dikenal ataupun mengaku sebagai anggota Polri atau dari pejabat suatu instansi agar mengecek kebenaranya terlebih dahulu atau mendatangi pihak Kepolisian setempat untuk minta pendapat atau koordinasi agar tidak menjadi korban penipuan.

 

Penulis : Nardi
Editor : Irwan
Publish : Irwan
Sumber : Humas Polsek Simpang Empat

Kategori: Berita, Himbauan

Berikan komentar