Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Aiptu Suranto Semangat Laksanakan Tugas |  Kenyamanan Masyarakat Sangat Diutamakan |  Bhabinkamtibmas Brigadir Haryono Sosialisasi Larangan Karhutla Di Desa Binaannya |  Bhabinkamtibmas Bripka Indra Purwadi Sosialisasi Larangan Stop Pungli |  Bripka Yasmin rutin mengajak masyarakat Desa Sungkai untuk cegah pembakaran hutan dan lahan |  Bripka Zainudin Renggur, SH terus sampaikan himbauan larangan Karhutla kepada masyarakat Desa Cabi |  Kapolsek Sambung Makmur langsung ambil apel pagi |  Aipda Andreas Laksanakan ploting pagi depan SDN 1 Madurejo |  Bripka Sugiarto Sosialisasi Karhutla di Desa Maniapun |  Kanit Binmas Dan Bhabinkamtibmas Ajak Warga Tolak Faham Radikalisme |  Bertemu Warganya, Bripka Subandrio Sampaikan Pesan Kamtibmas |  Kapolsek Matraman Pimpin Apel Pagi di Halaman Mako Polsek Matraman | 

banjar.kalsel.polri.go.id – Polsek Martapura Kota, Selasa (29/8) sekitar pukul 17.30 Wita, kembali berhasil menyelesaikan kasus pencurian di wilayahnya. Dia (Pelaku) masih berstatus pelajar yakni berinisial MZ (16), warga Guntung Payung Alaban, Kel. Sungai Paring, Kec. Martapura Kota. Sedangkan korbannya adalah AM (40) seorang PNS yang juga merupakan warga Guntung Payung Alaban, Kel. Sungai Paring, Kec. Martapura Kota.

Saat itu korban sebagai pelapor dengan ditemani seorang pemuda berinisial ARA (19), warga Komplek Citra Permata Biru Blok I, Kel. Sekumpul, Kec. Martapura datang ke Polsek Martapura Kota melapor atas peristiwa kasus pencurian yaitu terkait kehilangan 1 buah helm merk NHK warna hitam di depan kantor Kel. Sekumpul, Kec. Martapura dan 2 buah speaker masjid serta kipas angin. 

Alhasil laporan tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku yang masih berstatus pelajar, selanjutnya melalui mediasi antara pelaku dengan pihak korban dengan disaksikan pihak kepolisian Polsek Martapura Kota, kemudian diperoleh jalan keluar yakni melalui kekeluargaan (Damai, red). 

“Kedua belah pihak melalui mediasi dengan suatu perjanjian akhirnya bersepakat atas peristiwa kasus tersebut tidak melalui jalur hukum, melainkan berdamai,” ucap salah satu anggota kepolisian Polsek Martapura Kota, Selasa (29/8/2017) kemarin.

Kapolsek Martapura Kota AKP Siswadi membenarkan terkait peristiwa kasus pencurian yang melibatkan seorang pelajar dengan inisial AM tersebut. Menurut Kapolsek, kasus ini telah diselesaikan oleh kedua belah pihak dengan jalur mediasi suatu perjanjian kesepakatan.

“Antara korban dengan pelaku telah bersepakat melalui jalur kekeluargaan. Dengan disaksikan anggota reskrim dan peran Bahbinkamtibmas, Saat itu pelaku mengakui perbuatannya dengan menyanggupi mengembalikan kerugian yang dialami korban,” jelas Kapolsek Kota.

Masih kata Kapolsek, menambahkan, dalam kasus ini, meski telah melalui jalur kekeluargaan diantara kedua belah pihak, pelaku tetap dilakukan pembinaan dan kenakan wajib lapor pada setiap hari Senin dan Kamis ke Polsek Martapura Kota.

“Sepanjang masih bisa melalui mediasi dan jalur kekeluargaan, kenapa tidak dilakukan pembinaan. Apalagi dalam kasus itu pelakunya masih pelajar sekolah. Tetap akan kami bantu dan persilahkan untuk menyelesaikannya terlebih dulu. Baru, bila tidak ada kata kesepakatan dan dilaporkan, maka kasusnya akan kami lanjut sesuai proses hukum,” tambahnya.

 

Sumber: Humas Polsek Kota/SW Jaya
Editor   : Irwan/Joko
Publish : Andyan

Berikan komentar