Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Giat Cipkon, Amankan 49 Pelanggar Lalu Lintas |  Kunjungi Warga Martapura, Anggota Sat Binmas Sampaikan Himbauan |  Bhabinkamtibmas Polres Banjar Sampaikan Peran Dan Tugas Anggota Satuan Pengamanan Kab.Banjar |  Anggota Sat Binmas Berikan Himbauan Kepada Warga Di Terminal Pasar Martapura |  Kanit Sabhara Polsek Matraman Ipda Susyandi Pimpin Giat Cipkon |  Giat Cipkon di Wilayah Hukum Polsek Matraman |  Patroli Blue Light, Polsek Matraman Ciptakan Sitkamtibmas Aman Dan Kondusif |  Patroli Malam Polsek Matraman Sambangi ATM |  Polres Banjar Lakukan Razia Cipta Kondisi Di Halaman Mapolsek Gambut |  Polisi Ini Bantu Warga Bersihkan Pohon Tumbang |  Undangan makan malam |  Kapolsek Belimbing Lanjutkan Rajia Pekat Ke Desa Rantau Bakula | 

 

 

banjar.kalsel.polri.go.id – Polsek Aranio makin gencar mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kab. Banjar khusuanya wilayah Kecamatan Aranio, untuk mewujudkan dan meningkatkan kepedulian masyarakat bebas api. “Kegiatan sosialisasi pencegahan karhutla yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat desa menuju ‘Masyarakat Bebas Api’. Ini merupakan langkah awal mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan sehingga masyarakat mengetahui dan memahami dampak negatif jika terjadi kebakaran akibat pembukaan lahan dan hutan dengan cara pembakaran,” ucap Kapolsek Aranio. 

Kapolsek Aranio Iptu Sugiarto, S.H. berharap dari sosilaisasi tersebut agar upaya pencegahan dengan menggandeng masyarakat bisa lebih maksimal sehingga kebakaran lahan dan hutan di daerah ini tidak sampai terjadi. Kanit Bimas Polsek Aranio Bripka Dedy Rustaman melalui Bhabinkamtibmas Bripka D. Aprianto, S.E. selalu menenkankan agar dalam setiap kesempatan bersilaturahmi dengan masyarakat agar di sampaikan pesan – pesan larangan membakar hutan dan lahan dimana dampak yang ditimbulkan sangat mengganggu masyarakat, baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan aktivitas perekonomian.

Dengan di laksanakan kegiatan sosialisasi yang merupakan upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan dengan menggandeng berbagai pihak. Materi yang disampaikan khususnya arahan dan imbauan agar masyarakat desa tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar karena dapat menimbulkan kebakaran. Dampaknya sangat buruk terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat karena asap kebakaran lahan dan hutan dapat menyebabkan penyakit infeksi pada saluran pernafasan akut.

Sementara itu, para tokoh masyarakat setempat menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Polsek Aranio dan Mereka mengapresiasi dan sangat berterima kasih kepada institusi kepolisian yang sangat peduli terhadap masalah lingkungan.
Melalui sosialisasi ini, masyarakat menjadi makin mengetahui dan menyadari bahwa akibat pembukaan lahan dengan cara pembakaran dapat menimbulkan dampak negatif yang sangat besar. Untuk itu, masyarakat akan berupaya semaksimal mungkin tidak menggunakan cara pembakaran dalam membuka lahan dan ladang.

 

Sumber : Polsek Aranio
Editor    : Dhimas
Publish  : Dhimas 

Kategori: Himbauan, Polsek Aranio

Berikan komentar