Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Piket polsek martapura kota patroli seputaran alun-alun martapura |  Piket polsek martapura kota patroli di seputaran masjid alkaromah martapura |  Piket polsek martapura kota patroli kubah sekumpul martapura |  Piket polsek martapura kota patroli atm wilkum martapura kota |  Piket polsek martapura kota cek jumlah tahanan lapas anak martapura |  Piket polsek martapura kota patroli lapas anak martapura |  Piket polsek martapura kota patroli lapas perempuan martapura |  Personil Pos Pelayanan Lebaran, Bantu Mobil Mogok |  Anggota Polsek Simpang Empat rutin sambangi Obyek Vital untuk cegah terjadinya Tindak Pidana |  Bripka Hermansyah sambangi SPBU saat berpatroli untuk ciptakan situasi Kamtibmas yang aman kondusif |  Anggota Polsek Simpang Empat hadir di tengah – tengah masyarakat untuk berikan rasa aman |  Polsek Aranio Laksanakan Pengamanan Objek Wisata Sungai Kembang | 

POLRES BANJAR, KALSEL – Memasuki musim Kemarau di tahun 2017 ini, Kasat Sabhara Polres Banjar AKP Gita Suhandi Achmadi, S.I.K., Minggu (10/9/2017), sekitar pukul 18.00 wita bersama para personil patroli Sat Sabhara Bripka Wagimin, Bripka Lahuddin, Bripka Deny Wahyu dan Bripka Bagus dari Bhabinkamtibmas Polsek Martapura Barat, melaksanakan penangulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sungai Batang kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi tentang karhutla, termasuk memberikan penyuluhan akan bahaya paham radikal dan teroris kepada warga masyarakat.

Foto: Kasat Sabhara Polres Banjar, AKP Gita Suhandi, S.I.K., ketika melakukan sosialisasi tentang karhutla di Desa Sungai Batang kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dalam kesempatan itu, Kasat Sabhara bersama personil, dibantu warga masyarakat setempat, secara gotong royong melakukan pemadaman api yang membakar semak belukar, lebih kurang seluas 3 hektar hingga berhasil dipadamkan. Menurut Kasat Sabhara peristiwa seperti ini rawan terjadi mengingat sekarang sudah memasuki musim kemarau.

“Kita akan terus akan melakukan pemantauan titik api (Hotspot) begitu juga dengan penanggulangannya. Ini merupakan tindak lanjut perintah Kapolri melalui As Ops Polri tentang penanganan karhutla di wilayah masing masing,” jelas Gita Suhandi, seperti yang telah disampaikan Kapolres Banjar, Senin (11/9/2017).

Lebih lanjut, kata Gita selain melakukan penanggulangan kebakaran lahan di desa Sungai Batang wilayah kecamatan Martapura Barat, ia selanjutnya bersama personilnya, dibantu dengan personil Polsek jajaran, kembali melakukan penanggulangan pemadaman karhutla yang ada di wilayah kecamatan Simpang Empat, tepatnya di desa Cinta Puri.

“Saat itu ada laporan, bahwa di wilayah desa Cinta Puri ada kebakaran lahan belukar yang posisinya berada di seberang sungai, sepanjang arus sungai Martapura,” imbuh Gita.

Selanjutnya dengan menggunakan mobil patroli yang telah dilengkapi peralatan tandon air dan mesin pompa itu, setibanya dilokasi langsung dilakukan pemadaman sekaligus melakukan pembasahan pada area yang rawan terjadi kebakaran.

“Dari beberapa pemadaman titik api yang berhasil dipadamkan, ada yang tidak bisa dijangkau, dikarenakan posisinya berada diseberang sungai dan tidak ada akses jalan untuk menyeberang, termasuk alat pendukungnya,” ujar Gita.

Masih kata Kasat Sabhara menyampaikan bahwa perintah Kapolres, terhadap Karhutla perlu kita sikapi dengan baik dan cermat. Salah satu langkah penanganan yang sudah kita terapkan adalah ;

1. Membentuk tim penanganan karhutla di masing masing wilayah Polsek jajaran bersama unsur terkait, seperti Polri, TNI, Pemadam kebakaran, dinas sosial, BPBD dan satpol PP, termasuk peran serta masyarakat.

2. Membuat peta rawan kebakaran hutan dan lahan guna mengantisipasi dan mengambil langkah langkah apabila terjadi karhutla.

3. Sat Sabhara mempersiapkan peralatan yang akan digunakan bila terjadi karhutla.

4. Kapolsek yang wilayahnya terjadi karhutla wajib memberdayakan anggotanya untuk menanggulangi karhutla secara maksimal dengan mengikut sertakan unsur terkait dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan giat patroli.

5. Melakukan koordinasi terhadap Perusahaan yang ada disekitar terjadinya karhutla untuk membantu penanganan karhutla tersebut. (*)

Sumber : Sat Sabhara Polres Banjar
Editor    : Hery/Joko
Publish  : Andyan

Kategori: Satuan Sabhara

Berikan komentar