Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  “Jumat Taqwa ” Personil Polsek Simpang Empat lakukan pengamanan arus Lalu lintas saat Sholat Jumat |  Pelaksanaan Jum’at Keliling Polsek Matraman di Mesjid Al Hijriah |  Ingatkan Para Pemuda Tentang Bahaya Narkoba |  “Jumat Taqwa” Polsek Simpang Empat lakukan pengaturan arus Lalu lintas di depan Masjid At Taqwa |  Sungai Desa Kayu Bawang Di Ceburi Polisi ada Apa…. |  Bentuk Sinergitas Polri,TNI, Dan Masyarakat Berbaur Bersama Membersihkan Aliran Sungai Di Gambut |  Masyarakat, TNI-POLRI Terjun Ke Sungai Ada Apa…. |  TNI-POLRI Dan Warga Masuk Ke Sungai Ada Apa…… |  Setiap hari Jumat Polsek Simpang Empat rutin bagikan sembako kepada warga yang kurang mampu |  Jumat Berkah ” Indahnya berbagi dengan sesama ” Polsek Simpang Empat bagikan sembako kepada warga yang kurang mampu |  Bripka Arief Maulana Berikan Pelatihan Kepada Anggota Satuan Pengamanan |  Polsek Simpang Empat rutin adakan olah raga bersama dengan Unsur Muspika Kecamatan Simpang Empat setiap Jumat pagi | 

banjar.kalsel.polri.go.id – Disebuah komplek perumahan yang beralamat di Jalan Keramat Komplek Graha Permata Rt.01 Rw.01 Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar, telah terjadi sesuatu hal yang sangat mulia yang dilakukan oleh seorang anggota Polri. Ya, dia adalah Brigadir Kusnin, S.AP., Bhabinkamtibmas Desa Tungkaran, Polsek Martapura Kota, Polres Banjar yang dengan ikhlas menyisihkan uang gajihnya untuk membiayai pengobatan seorang warga di rumah sakit setempat. Warga tersebut bernama Unida Selviana, kelahiran di Semarang 41 tahun yang lalu, yang sehari-hari bekerja sebagai penjual jajanan keliling.

Cerita berawal ketika Brigadir Kusnin sedang berpatroli di Desa binaannya, Senin (25/9/2017) pukul 21.30 wita, namun tiba-tiba handphonenya berdering. Brigadir Kusnin pun lantas menghentikan laju kenderaannya menepi disebuah lahan kosong bermaksud untuk menerima telepon tadi.

Ternyata itu adalah telepon dari seorang warga binaannya yang bernama Rusdi. Dalam percakapan Rusdi menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas bahwa ada tetangganya yang sedang sakit seorang diri didalam rumah. Hal tersebut dikarenakan yang bersangkutan sudah menjanda lebih dari 10 tahun, mantan suami dan anaknya berada jauh di Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

Sebelumnya beberapa warga yang diketuai oleh Firdaus selaku ketua RT sudah mencoba untuk mengetuk pintu untuk bertamu dan menanyakan kondisi dari Ibu Unida, namun tidak dibukakan pintu. Setelah Bhabinkamtibmas datang dan mengetuk pintu, akhirnya Ibu Unida Selviana mau membukakan pintu namun kondisinya sudah terlanjur sangat lemah.

Melihat kondisi warganya yang memprihatinkan, Brigadir Kusnin membujuk yang bersangkutan supaya secepatnya mau diperiksakan ke rumah sakit.

“Ibu Unida sempat menolak ajakan saya untuk membawanya ke RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan berbagai alasan, takut sendirian di rumah sakit, tidak ada yang merawat, dan yang paling utama kondisi ekonomi yang kurang untuk biaya selama perawatan nanti,” terang Brigadir Kusnin.

Namun berkat kesabarannya, akhirnya Bhabinkamtibmas berhasil membujuk Ibu Unida ke rumah sakit dengan berboncengan menaiki sepeda motor dinasnya.

Setibanya di IGD RSUD Ratu Zalecha, dan setelah mendapatkan pemeriksaan awal dari dokter, diketahui bahwa Ibu Unida Selviana menderita penyakit Suspek TBC dan harus menjalani rawat inap.

“Dikarenakan Ibu Unida hidup sebatang kara, tidak ada satupun sanak keluarganya disini dan mantan suaminya masih terkendala dihubungi, sementara yang bersangkutan perlu segera dilakukan tindakan medis, maka dari saya dengan sukarela menjaminkan dirinya untuk membiayai pengobatan Ibu Unida,” ucap Brigadir Kusnin, Bhabinkamtibmas Desa Tungkaran, Polsek Martapura Kota ini.

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H. sangat mengapresiasi dan mendukung secara penuh atas apa yang dilakukan oleh personilnya itu. “Apa yang dilakukan oleh Brigadir Kusnin ini merupakan sesuatu hal yang mulia, sesuai dengan dengan cerminan polisi modern dizaman sekarang ini, rela memberikan gajihnya untuk mengobati warganya dalam kekurangan yang sedang sakit,” kata AKBP Takdir Mattanete atau yang lebih dikenal dengan nama Nette Boy.

Masih menurut, Nette Boy, tindakan Bhabinkamtibmas yang dengan ikhlas menolong masyarakat tanpa pamrih dimanapun berada sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Kapolda Kalsel Brigjen Polisi Drs. Rachmat Mulyana, S.H.

“Brigadir Kusnin ini merupakan seorang polisi yang ideal, Polisi yang sesuai dengan harapan Bapak Kapolda Kalsel yang tersurat melalui pesan moral beliau,” tutup AKBP Takdir Mattanete.

Berikan komentar