Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Aipda Didik laksanakan sholat asar berjamaah |  Anggota Polsek Belimbing Laksanakan Patroli Blue Light Ke Pemukiman Penduduk Dan Tempat Berkumpul Nya Warga |  Sholat magrib berjamaah oleh personil polsek sambung makmur |  Pesonil Polsek Sambung Makmur laksanakan sholat isa berjamaah |  Anggota Polsek Belimbing Laksanakan Nonton Bareng Piala Dunia Di Desa Kupang Rejo |  Samsat Martapura “ KAMI SIAP MELAYANI ANDA “ |  Aiptu Agus W SH Pimpin Breafing Pagi Unit Regident Sat Lantas Polres Banjar |  Brigadir M. Shabirin berikan himbauan kepada pengendara sepeda motor agar selalu tertib berlalu lintas |  Aiptu Indra Tilang Mobil Pick Up |   |  Cegah peredaran Narkoba, Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat pimpin razia Narkoba di tempat Bilyard |  Petugas Jaga Lama Serahkan Barang Inventaris Kepada Petugas Jaga Baru | 

banjar.kalsel.polri.go.id. Operasi Patuh 2018 adalah Operasi Kepolisian Terpusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama kurun waktu 14 (Empat jelas hari), Operasi ini memiliki karakterisktik tegas dalam mengajak, menghimbau sekaligus menertibkan Para pengguna jalan raya yang melanggar.

Untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan kelancaran menjelang Ibadah puasa, sehingga pada saat Ibadah bulan puasa/ramadhan masyarakat sudah sadar hukum, tertib dan lancar tentunya sekaligus “menekan angka dan fatalitas korban kecelakaan”.
Bayangkan apabila Polisi tidak pernah menertibkan pengguna jalan sama sekali, sudah barang tentu akan banyak jatuh korban dan jalan raya menjadi “sarang persemayaman Korban-korban kecelakaan”,
Apakah kita bisa bayangkan jika tidak ada upaya tegas dari Kepolisian dalam Operasi-Operasi lalu lintas, tentunya akan banyak muncul pengguna jalan bonceng 3 tidak di tindak tegas, akan muncul pelanggar traffic light dibiarkan begitu saja, serta pelanggaran administrasi lain akan banyak muncul tanpa “kontrol” dari petugas polisi, hasilnya jalan raya menjadi kacau dan tidak ada indikator pengontrol keselamatan.


Pada Tahun ini PBB menyoroti dan mengevaluasi bahwa kecelakaan di dunia sangatlah tinggi, perlunya Operasi Kepolisian Patuh ini sebagai momentum untuk menekan angka kecelakaan dan menyadarkan pengguna jalan agar tertib dan selamat.

Jika di asumsikan satu tahun ada 364 hari, hanya ada momentum operasi Patuh sebanyak 14 (Empat belas) hari. Untuk itulah Satlantas Polres Banjar optimal dalam melaksanakan Operasi Patuh ini.
Gema dan dinamika operasi Patuh ini tentunya harus memiliki “soul” yang “lebih” dibandingkan dengan hari biasa (Kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan)

Meningkatnya intensitas pemeriksaan kendaraan saat Operasi patuh ini menjadikan sebuah indikator keberhasilan dan tolok ukur, namun kita sadari rasio penilangan tersebut sejajar dengan jumlah kendaraan yang diperiksa.

Sebagai contoh Satlantas Polres Banjar, saat razia memeriksa 600 kendaraan yang melintas, skala penilangan akumulatif pelanggar sekitar 125 pelanggar, artinya 475 pengendara telah tertib dan sadar hukum (tidak ditilang), namun 125 pengendara harus “ditertibkan” (tilang)

Mari kita cermati jenis-jenis operasi Kepolisian yang menjadi kalender Tahunan, sebagai upaya edukasi dalam memahami hakikat operasi.

1. Operasi Simpatik, jenis operasi ini dilaksanakan 14 s/d 21 hari, dengan sasaran berbeda dengan operasi Patuh, operasi ini lebih mengedepankan “peneguran” kepada pengguna jalan, artinya tidak mutlak penilangan, kecuali memang pelanggaran yang berpotensi terhadap kecelakaan, sebagai contoh bonceng 3, mobil muatan bukan peruntukan, Motor protolan dan tidak memiliki lampu utama.

2. Operasi Zebra, operasi ini menekankan kegiatan pencegahan dan penindakan sehingga mampu memberikan efek bagi pengguna jalan untuk tertib, ciri-ciri Operasi ini adalah banyaknya kegiatan pemasangan spanduk, selebaran dan sosialisasi media cetak dan elektronik

3. Operasi Patuh, ciri khusus Operasi ini adalah melakukan upaya “penindakan pelanggaran” dengan tujuan menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban laka, serta untuk mewujudkan kamseltibcar lantas jelang bulan Ramadhan

4. Operasi Ketupat, Operasi kemanusiaan ini mengedepankan upaya pencegahan dan humanis, serta hanya menilang pelanggaran Fatal yang membahayakan, ditandai dengan adanya pendirian Pos-Pos pengamanan dan pelayanan untuk masyarakat, biasanya menjelang hari Raya Idul fitri.

5. Operasi Lilin, sama halnya dengan operasi Ketupat, jenis operasi ini identik dengan pendirian Pos-Pos polisi di tempat keramaian, Patroli dan pengamanan Gereja serta tempat Peribadatan.

Nah, itu adalah beberapa indikator dan bocoran tentang operasi kepolsian yang ada saat ini…

Beberapa Operasi kepolisian tersebut memiliki ciri khas dan sasaran serta target yang berbeda-beda, sesuai dengan Rencana Operasi yang telah di agendakan setiap tahunnya.
Semoga masyarakat tetap Patuh dan taat saat berkendara di jalan raya demi keselamatan bersama.

Yuk belajar taat dan patuh di jalan raya dari diri sendiri

“Keselamatan anda adalah amanah kami, dan keselamatan anda mutlak dari diri sendiri”

Kategori: Satuan Lalu Lintas

Berikan komentar