Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Bripka Muali Sampaikan Pesan Kamtibmas Ke Juru Parkir Pasar |  Polsek Pengaron Berikan Rasa Aman Terhadap Pengunjung Pasar |  Bripka Muali Patroli Kepasar Guna Mengantisipasi Tindak kriminal |  Ciptakan Situasi Agar Kondusif, Bripka Muali Amankan Logistik Pemilu |  Aipda Awaludin makmurkan Masjid At Taqwa melalui Sholat berjamaah |  Polsek dan Koramil Simpang Empat jamin keamanan pleno rekapitulasi di PPK Cintapuri Darussalam |  Iptu Endris Ary Dinindra, S.I.K pantau langsung pleno rekapitulasi hasil Pemilu di Kecamatan Cintapuri Darussalam |  Polsek dan Koramil Simpang Empat bersinergi kawal rapat pleno rekapitulasi di PPK Cintapuri Darussalam |  PPK Simpang Empat mendapat penjagaan dari Polsek dan Koramil Simpang Empat |  Kanit IK Ipda Sukemi pantau kegiatan di PPK Simpang Empat |  Setiap hari Kapolsek Simpang Empat pantau langsung rapat pleno rekapitulasi di PPK Simpang Empat |  Rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu di Kecamatan Telaga Bauntung mendapat penjagaan dari Polsek Simpang Empat | 

banjar.kalsel.polri.go.id – Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan tanggungjawab semua pihak. Upaya pengendalian Karhutla akan berhasil secara optimal apabila didukung oleh peran serta dan komitmen yang kuat dari segala lini, baik pemerintah pusat dan daerah, unsur swasta dan masyarakat yang dilakukan secara solid, serius dan koordinatif.

Hal ini selalu disampaikan oleh Kapolres Banjar AKBP Takdir Matanette, S.H., S.I.K., M.H dalam setiap kesempatan, hal tersebut ditindak lanjuti oleh Kapolsek Aranio Iptu Sugiarto, S.H. dengan memerintahkan anggotanya untuk selalu mensosialisasikan larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

“Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka menyamakan langkah serta menyatukan tekad untuk saling bahu-membahu dalam mengendalikan apabila terjadinya kebakaran hutan, kebun dan lahan di wilayah Kecamatan Aranio. Hal ini berarti bahwa seluruh pihak harus bekerja lebih keras agar tidak terjadi karhutla yang akan merugikan masyarakat,” ucap Iptu Sugiarto dalam sebuah pertemuan bertempat diaula Kecamatan, Selasa (19/9/2017).

“Mari kita satukan tekad, menyamakan langkah dan merapatkan barisan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Karena hal itu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergitas oleh semua pihak,” lanjut Kapolsek Aranio berpangkat balok dua dipundaknya.

Pada kesempatan ini, Bhabinkamtibmas Desa Aranio Bripka Dwi dan Kanit Binmas Bripka Dedy juga turut serta lurah maupun kepala desa, pihak swasta dan segenap masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan. Caranya dengan tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan. “Sebab sebagian besar kondisi lahan di wilayah Aranio berupa hutan yang potensial menyebabkan kebakaran dan cepat meluas sehingga menimbulkan kabut asap,” ucap Bripka Dedy.

“Bripka Dwi selalu sosialisasikan kepada masyarakat baik melalui lisan maupun banner agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Jika melanggar maka akan ada sanksi tegas baik pidana maupun denda sesuai Undang-undang tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, UU Kehutanan dan UU tentang Perkebunan,” terang Kanit Binmas Polsek Aranio tersebut.

 

Berikan komentar