Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Ini cara personil polsek sambung makmur cegah karhutla |  Personil polsek sambung makmur sebarkan brosur larangan bakar hutan pada warganya |  Banit sabhara polsek sambung sebarkan brosur larangan bakar hutan pada warga |  Brigadir joko sebarkan brosur larangan membakar hutan pada warga |  Personil polsek sambung himbau warga agar tidak bakar hutan dan lahan sembarangan |  Banit Sabhara Polsek Sambung himbau warga agar tisak bakar hutan dan lahan sembarangan |  Brigadir Joko himbau warga agar tidak bakar hutan |  Bripka Robby Hastono Sambangi Warga Yang Daerahnya Rawan Terjadi Kebakaran Hutan Dan Lahan |  Bhabnikamtibmas Polsek Gambut Sambangi Warga Binaannya |  Himbauan Larangan Membakar Hutan Dan Lahan |  Bhabinkamtibmas Polsek Pengaron Lakukan Sosialisasi Karhutla Ke Warga Mangkauk |  Pagi Pagi Udah Nongkrong | 

 

banjar.kalsel.polri.go.id, Polres Banjar – Bhabinkamtibmas Desa Cindai Alus, Aipda H. Benny Irawan, S.H., tiba-tiba dihubungi oleh Pak Jailani, Ketua RT. 08 Desa Cindai Alus sekitar pukul 01.00 wita, Rabu (4/10/2017) dini hari. Jailani mengabarkan kepada Bhabinkamtibmas bahwa diwilayahnya ada seorang laki-laki yang bertamu kerumah teman wanitanya melebihi jam tamu sehingga membuat warga sekitar resah.

Mendengar informasi tersebut, Aipda H. Benny Irawan pun yang saat itu sedang beristirahat dirumahnya bergegas beranjak dari kasurnya langsung menuju TKP yang dimaksud. Setibanya disana, Aipda H. Benny Irawan langsung mengamankan yang bersangkutan diketahui berinisial AH (14 th) warga Jalan Bauntung Desa Sungai Sipai Kecamatan Martapura. Diketahui, AH berkunjung kerumah S (14 th) yang merupakan teman sekolahnya di SMP hingga larut malam.

“AH juga dibawa ke Mapolsek Martapura Kota guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan diikuti oleh Ketua RT dan beberapa warga lainnya,” terang Aipda H. Benny kepada Humas Polres Banjar.

“Sebagai seorang polisi Bhabinkamtibmas, kami diwajibkan selalu siap setiap saat 24 jam dalam melindungi dan melayani masyarakat,” lanjut Aipda H. Benny.

Sesampainya di Mapolsek Martapura Kota, Aipda H. Benny mencoba menenangkan warga sebelum memberi solusi atas permasalahan yang sedang terjadi.

“Pertama-tama saya terlebih dahulu melakukan pendekatan kepada kedua belah pihak, antara pemuda ini dengan beberapa warga yang resah guna menemukan bisa melakukan pemecahan permasalahannya,” jelas Aipda H. Benny.

Setelah semua pihak memberikan keterangan dan klarifikasi, kemudian mendapat penjelasan dari Bhabinkamtibmas berdasarkan sudut pandang hukum, sehingga kedua belah pihak akhirnya sepakat bahwa kejadian ini akan diselesaikan secara kekeluargaan.

“Meskipun AH bertamu melebihi dari ketentuan yang berlaku, namun dijelaskan juga bahwa selama bertamu mereka berdua tidak melakukan hal-hal yang diluar batas hanya duduk-duduk diteras rumah, sehingga saya mengambil kesimpulan bahwa permasalahan ini cukup diselesaikan secara kekeluargaan dan hanya memberikan teguran kepada AH untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya tertuang dalam surat pernyataan,” kata Bhabinkamtibmas Desa Sungai Sipai Polsek Martapura Kota ini.

“Surat pernyataan tersebut disaksikan dan ditanda tangani oleh orang tua AH, Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat,” ungkap H. Benny.

 

Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, S.H., S.I.K., M.H melalui Kapolsek Martapura Kota Iptu Siswadi, S.H sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh H. Benny Irawan sebagai seorang Bhabinkamtibmas dalam melakukan problem solving.

“Dia tidak kenal waktu, 24 jam waktunya siap untuk menjalankan tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas dalam membantu masyarakat,” kata Iptu Siswadi bangga.

 

Berikan komentar