Portal Berita dan Informasi Resmi Humas Polres Banjar

Selamat Datang di TribrataNews Polres Banjar | Update Berita:  Anev Akhir Tahun Sat Reskrim Polres Banjar |  Aiptu Awaludin pimpin razia pengunjung warung malam |  Mendekati pergantian tahun, Polsek Simpang Empat rutin laksanakan Patroli Malam |  Patroli Blue Light efektif cegah kejahatan |  Ucapan Selamat Buat 83 Personil Yang Naik Pangkat |  Polsek Matraman jaga kamtibmas dengan patroli blue light |  Sispam Mako Polsek Karang Intan |  Sholat Magrib Berjamaah Di Mesjid Bhabinkamtibmas Aipda A. Ripani Bersama Warga Karang Intan |  Di Desa Sungkai Brigadir Ruswan himbau masyarakat jauhi Narkoba |  Lindungi pemuda – pemudi dari cengkeraman Narkoba, Brigadir Ruswan lakukan hal ini |  Gunakan spanduk, Bhabinkamtibmas Desa Sungkai Brigadir Ruswan himbau masyarakat cegah Pungli |  Setiap hari Brigadir Ruswan himbau masyarakat cegah Pungli |  Memakmurkan Masjid, Anggota Polsek Aranio Laksanakan Sholat Dzuhur Berjamaah |  Anggota Polsek Aranio Laksanakan Patroli Rutin |  Kunjungi Tokoh Masyarakat, Ini Yang Disampaikan Anggota Polsek Aranio |  Sosialisasikan Larangan Pungli Kepada Masyarakat |  Anggota Polsek Aranio Lakukan Pengaturan Pagi |  Polsek Aranio Sampaikan Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat | 

Pada hari Rabu, tanggal 22 Januari 2020 skj 09.30 wita bertempat di aula Kec. Karang Intan dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi pembentukan kepanitiaan LPTQ tingkat kecamatan Karang Intan sekaligus rencana pelaksanaan STQ tingkat kecamatan Karang Intan tahun 2020.

*Hadir pada kesempatan tersebut :*
– Camat Karang Intan Drs. Muhammad Ilmi, M.Si.
– Ketua LPTQ Kec. Karang Intan Gr. Hormani Mohyar.
– Danramil 1006-05 Karang Intan Kapten Inf Ramelan beserta anggota.
– Kapolsek Karang Intan Iptu Imam Sayuti beserta 2 anggota.
– Kepala KUA Kec. Karang Intan Farid Sardanar, S.Ag.
– Sekcam Karang Intan Akhmad Pauji, S.AP.
– Seluruh Kasi pada Kec. Karang Intan.
– Pambakal dan Pj. Pambakalan se Kec. Karang Intan.
– Keanggotaan LPTQ untuk periode 2016 – 2019.

*Adapun rangkaian kegiatannya adalah :*
– Pembukaan.
– Sambutan dan arahan dari Camat Karang Intan.
– Sambutan dan arahan dari Kepala KUA Karang Intan.
– Sambutan dan arahan dari mantan Ketua LPTQ Kec. Karang Intan periode 2016 – 2019.
– Prosesi pemilihan kepengurusan LPTQ untuk periode 2020 – 2023.
– Rapat rencana pelaksanaan STQ tahun 2020 tingkat Kec. Karang Intan.
– Pembacaan Doa.
– Penutup.

*Pada kesempatan tersebut, Camat Karang Intan menyampaikan diantaranya :*
– Sesuai dengan rencana dari LPTQ Kab. Banjar bahwa pelaksanaan MTQ tingkat Kab. Banjar akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020.
– Terkait dengan pelaksanaan STQ tingkat kecamatan, dari pemerintah daerah sudah tidak lagi dimasukkan kegiatan tersebut dalam rancangan anggaran, namun disisi lain kegiatan tersebut harus dilaksanakan.
– Apabila melihat dari SK kepengurusan LPTQ Kec. Karang Intan bahwa masa berlakunya sudah berakhir sejak bulan Oktober 2019 sehingga untuk saat ini terjadi kevakuman.
– Dalam pertemuan kali ini diharapkan terbentuk kepengurusan LPTQ tingkat Kec. Karang Intan yang baru dengan mengacu pada aturan dan struktur kepengurusan yang berlaku.
– Sebelum pembentukan kepengurusan LPTQ yang baru, kepada sekretaris LPTQ periode lama agar melaporkan pertanggung jawaban kinerjanya.
– Sesuai dengan rencana dari kepengurusan LPTQ yang lama bahwa untuk pelaksanaan STQ tingkat Kec. Karang Intan akan dilaksanakan di Ds. Pulau Nyiur. Terkait hal tersebut agar dimatangkan kembali dengan melihat aspek aspek lainnya.
– Setelah nanti terbentuk struktur kepengurusan LPTQ yang baru, agar kepengurusannya dibuatkan SK dan dilaporkan ke LPTQ Kab. Banjar.
– Sesuai dengan informasi yang didapat bahwa untuk Pambakal tidak lagi berkenan dalam pelaksanaan STQ dengan alasan bahwa dana desa belum turun dan tidak adanya keterlibatan Pambakal dalam setiap kegiatan STQ.

*Kepala KUA Kec. Karang Intan pada kesempatan tersebut menyampaikan :*
– Apabila melihat jadwal dari LPTQ Kab. Banjar, bahwa pelaksanaan MTQ akan berlangsung di Kec. Sambung Makmur pada bulan Maret tanggal 14 – 18 Maret 2020.
– Untuk pendaftaran para khafilah sudah dibuka mulai bulan Januari sampai dengan Minggu ke tiga di bulan Februari 2020. Untuk sistem pendaftaran menggunakan sistem elektronik.
– Apabila melihat struktur kepengurusan yang ada, terdapat ketidaksamaan dengan aturan yang tercantum dalam SKB. Maka perlunya adanya pembenahan struktur.

*Ketua LPTQ periode 2016 – 2019 pada kesempatan tersebut menyampaikan :*
– Sebelum pelaksanaan MTQ selalu dilaksanakan kegiatan STQ yang mana maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan semangat kepada kader kader Qur’ani di Kec. Karang Intan.
– Dulu pernah dilakukan dengan menggunakan sistem tunjuk untuk khafilah, namun pada kenyataannya justru merusak mental para kader dimana khafilah yang belum beruntung mendapatkan juara dan mempunyai kemampuan menjadi down dan tidak lagi berkeinginan untuk mengikuti STQ.
– Untuk masalah prestasi, Kec. Karang Intan pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Kab. Banjar yang mana dalam pelaksanaannya bisa mengundang Qori Nasional dan pada kesempatan tersebut bisa menjadi juara umum.
– Pada pelaksanaan MTQ sebelumnya yang berlangsung di Kec. Tatah Makmur, Kec. Karang Intan tidak menjadi juara umum dan terlihat merosot prestasinya, namun apabila dilihat dari perolehan medali dalam setiap kategori justru paling banyak.
– Selama ini pelaksanaan STQ dilaksanakan di kecamatan, namun untuk tahun ini karena tidak ada anggaran maka dilaksanakan di desa dan desa yang sudah siap melaksanakan sebagai tuan rumah adalah Ds. Pulau Nyiur.

*Adapun susunan kepengurusan inti LPTQ Kec. Karang Intan untuk periode 2019 – 2022 adalah sebagai berikut :*

*Pembina :* Muspika Kec. Karang Intan, Kepala KUA Kec. Karang Intan, Kepala Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Kec. Karang Intan, Kepala Puskesmas Karang Intan 1 dan 2, Ketua TP PKK Kec. Karang Intan.
*Ketua :* Gr. Hormani Mohyar.
*Wakil Ketua :* HM. Syarwani, S.AP, M.AP (Kasi Pemerintahan Kec. Karang Intan).
*Sekretaris :* Fathurrahman (Kasi Kesejahteraan Sosial Kec. Karang Intan).
*Wakil Sekretaris :* Hairun Nisa (Pegawai KUA Kec. Karang Intan).
*Bendahara :* Abdus Salam (Pegawai Kec. Karang Intan).
*Wakil Bendahara :* Siti Miskiah, S.Pd.

Rangkaian kegiatan berakhir skj 11.00 wita, selama giat berjalan dengan aman dan lancar.

Berikan komentar