Home » Humas Polres Banjar » RAPAT KOORDINASI LANJUTAN PERSIAPAN FESTIVAL BUAH DURIAN TINGKAT KAB. BANJAR TAHUN 2020 KARANG INTAN

RAPAT KOORDINASI LANJUTAN PERSIAPAN FESTIVAL BUAH DURIAN TINGKAT KAB. BANJAR TAHUN 2020 KARANG INTAN

Pada hari Selasa, tanggal 07 Januari 2020 skj 10.30 wita bertempat di lokasi wisata Danau Tamiyang tepatnya di Jl. Seloka Indah Ds. Mandikapau Barat Rt 003 Kec. Karang Intan Kab. Banjar dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi lanjutan persiapan Festival buah Durian tingkat Kab. Banjar tahun 2020.

*Hadir pada kegiatan tersebut :*
– Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar Muhammad Fachry.
– Camat Karang Intan Drs. Muhammad Ilmi, M.Si.
– Kapolsek Karang Intan Iptu Imam Sayuti beserta 3 anggota Polsek.
– Danramil 1006-05 Karang Intan yang diwakili oleh Babinsa Serka Murhan.
– Perwakilan dari Dinas Perhubungan dan Informasi Kab. Banjar Sdr. Iwan R.
– Perwakilan dari Protokoler Kab. Banjar Akhmad Jarkawi.
– Perwakilan dari Humas Kab. Banjar.
– Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banjar.
– Sekcam Karang Intan Ahmad Pauji, S.AP beserta staf kecamatan.
– Pambakal Ds. Mandikapau Barat Abdul Basit.
– Aparatur Ds. Mandikapau Barat.

*Adapun rangkaian kegiatannya adalah :*
– Pembukaan.
– Sambutan sekaligus arahan dari Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar.
– Sambutan dari Camat Karang Intan.
– Sambutan dari Protokoler Kab. Banjar.
– Sambutan dari Pambakal Ds. Mandikapau Barat.
– Sambutan dari Kapolsek Karang Intan.
– Diskusi dan usul saran.
– Peninjauan lokasi kegiatan.

*Adapun hasil rapat koordinasi diantaranya :*
– Festival buah Durian Kab. Banjar tahun 2020 dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 08 Januari 2020 mulai pukul 08.00 wita s/d selesai dengan mengambil tema “Sumber Daya Genetik Buah Durian Lokal Wujudkan Masyarakat Banjar Sejahtera dan Barokah”.
– Lokasi kegiatan berada di obyek wisata Danau Tamiyang tepatnya di Jl. Seloka Indah Ds. Mandikapau Barat Rt 003 Kec. Karang Intan Kab. Banjar.
– Sebagai panitia penyelenggara adalah Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banjar serta pemerintah desa Mandikapau Barat.
– Selain kontes Durian, juga dilaksanakan gelar buah eksotik Banjar dan gelar produk olahan berbahan durian.
– Sebagai tamu VIP dalam kegiatan tersebut adalah Gubernur Kalsel beserta Ibu, Bupati Banjar beserta Ibu, Dirjen Tanaman Pangan RI diwakili oleh Direktur bidang Hortikultura dan Florikultura serta Direktur bidang Buah Perlindungan Kualitas dan Perijinan Varietas, Kepala Balai Besar Tanaman Pangan.
– Sedangkan untuk undangan telah disebar sekitar 300 buah diantaranya Forkopimda Kab. Banjar, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, SKPD lingkup Pemkab. Banjar, Unsur Muspika Kec. Karang Intan, para sponsor, Penggemar buah Durian dari Medan dan Jakarta, Pelestari Durian dari Kab. Tamah Bumbu Dewan juri dan masa media baik cetak dan elektronik.
– Kegiatan kontes Durian tingkat Kab. Banjar tersebut merupakan agenda tahunan yang mana dilaksanakan di daerah daerah yang merupakan sentra dan produksi buah Durian.
– Sesuai dengan rencana dari panitia, bahwa untuk jumlah peserta kontes dibatasi sebanyak 100 buah dengan berbagai varietas, namun karena banyaknya peserta yang mendaftar nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak dewan juri.
– Dalam kontes nanti akan dipilih Durian Terbaik 1, 2 dan 3, Harapan 1, 2 dan 3 serta Durian Favorit.
– Bagi para pemenang nanti akan mendapat Sertifikat, Plakat dan Uang Pembinaan serta varietas pohon Duriannya akan diusulkan menjadi varietas unggul. Selain itu juga mendapat voucher menginap di Hotel Aston dan Hotel Tree Park.
– Sebagai dewan juri pada kegiatan kontes tersebut sebanyak 7 orang diantaranya : Prof. Dr. Ir. Hj. Raihani Wahdah, MS dari Fakultas Pertanian Unlam, Dr. Ir. Aidi Noor, MP dari Balitbangtan Kalsel, Ir. Tri Susanto E. P dan Sodik, SP dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih TPH Kalsel, M. Hanif Wicaksono Pelestari Buah Lokal Kalsel dari Kab. Balangan, Catur Dian Mirzada Penggemar buah durian Nusantara dari Medan, Budi Karya Yugie Traveler buah durian Nusantara dari Jakarta.
– Beberapa stand/ tenda/ lokasi yang disediakan oleh panitia diantaranya lokasi tenda utama, tenda penjurian kontes buah durian, tenda buah eksotik Banjar, tenda masakan/ olahan berbahan dasar buah Durian, tenda transit tamu VIP, tenda demo masakan dari chef Hotel Aston dan Hotel Tree Park serta tenda sponsor.
– Untuk lokasi parkir VIP, undangan dan pengunjung berada di lokasi parkir obyek wisata Danau Tamiyang.
– Jalur yang dilalui adalah jalan beraspal dari simpang Ds. Padang Panjang Jl. Ir. PM. Noor masuk ke Ds. Sungai Landas kemudian Ds. Sungai Alang dan masuk ke Ds. Mandikapau Barat.
– Secara umum rangkaian kegiatannya adalah : Penjurian kontes Durian, Tamu VIP datang disambut dengan Sinoman Hadrah dan Pengalugan bunga oleh Nanang Galuh Kab. Banjar, Peninjauan ke lokasi/ stand kontes buah Durian, Peninjauan ke lokasi/ stand buah eksotika Banjar, Peninjauan ke lokasi/ stand olahan berbahan dasar buah Durian, Peninjauan ke lokasi demo masak chef dari Hotel Aston dan Tree Park, Acara resmi, Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan dari panitia penyelenggara, Sambutan dari Bupati Banjar, Sambutan dari Dirjen Hortikutura dan Florikultura RI, Pengumuman pemenang oleh Dewan Juri, Pemberian Sertifikat Plakat kepada para pemenang, Sambutan dari Gubernur Kalsel, Pembacaan Doa, Penutup. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah/ makan siang di kediaman H. Junaidi Abdullah.

Rangkaian kegiatan berakhir skj 12.00 wita, selama giat berjalan denga aman dan lancar.

Bagikan Postingan ini:

About polresbanjarhumas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*